Sejarah Santiago Bernabeu

Real madrid adalah salah satu klub terkaya di Eropa dengan sejumlah kekayaan yang memang sudah terlihat dengan kasat mata termasuk stadion luas nan megah yang selama ini jadi markas besar mereka yaitu Santiago bernabeu. Selama ini, mungkin bagi para penggemar Real Madrid nama “Santiago Bernabeu” itu hanyalah nama sebuah stadion, tapi ternyata jika anda membaca lagi sejarah Real Madrid, nama tersebut adalah nama salah satu pemain paling legendaris sepanjang sejarah Real Madrid sehingga namanya diabadikan menjadi nama stadion klub asal spanyol itu.

real madrid
Santiago Bernabeu adalah pemain legendaris abad 18 yang merupakan kunci dimulainya masa kejayaan real Madrid, pasalnya ia sukses mengangkat nama real madrid menjadi klub yang paling ditakuti di Eropa sejak akhir abad ke 18 silam, ketika klub ini baru ‘diciptakan’. Ia adalah satu-satu nya striker yang sukses mengolah bola dengan sebuah gocekan di spanyol pada saat itu, dan ia telah bergabung dengan real Madrid sejak masih berusia 14 tahun! Setiap pertandingan, Bernabeu Selalu mencetak gol, bahkan kerap hatrick.

Saat itu belum ada La Liga Spanyol dan Piala Dunia, makanya nama Bernabeu tidak terlalu tenar seperti Pele maupun Maradona. Namun, kehebatan nya sangat diakui sejarah Madrid, ia sukses membawa Madrid beberapa kali meraih gelar juara Centro di masa nya. Bahkan karena skill nya itu, sang pelatih madrid saat itu memutuskan untuk menjadikan nya sebagai kapten tim di usia nya yang masih sangat muda. Ia dikenal sebagai pemain yang memiliki jiwa pemimpin, dan dikenal sebagai pencetak gol terbanyak yaitu kurang lebih 1200 gol selama membela Real madrid.

Setelah pensiun menjadi pemain bola, Bernabeu mengabdikan dirinya menjadi direktur, dan kemudian menjadi Presiden Klub. Peran nya sebagai presiden juga sangat besar kala itu, ia sukses mendatangkan pemain bintang di era tahun 1940an seperti Alfredo Di Stefano, Gento, Puscas. Ia juga yang membangun stadion Santiago Bernabeu yang dulunya bernama Chamartin stadium. Karena jasanya yang begitu besar kepada klub, di tahun 1955 Real Madrid mengubah nama stadion tersebut menjadi Santiago bernabeu Stadium untuk mengenang Santiago Bernabeu. Tahun 1978 adalah akhir hayat dari Pemain paling legendaris sepanjang sejarah Real Madrid.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *